Activity

  • Bengtsson York posted an update 6 years, 1 month ago

    Kelestarian hutan bukan tanggung jawab dari dinas kehutanan Indonesia saja tetapi seluruh masyarakat mempunyai peran yang penting dalam melestarikan hutan. Hutan sering kali dijadikan sebagai paru-paru dunia dimana hutan itu sendiri mempunyai peran yang penting dalam kehidupan manusia seperti bisa menurunkan resiko yang tidak diinginkan dan juga pastinya merugikan seperti tanah longsor dan juga banjir. Musibah alam hal yang demikian dapat muncul bila hutan di sebuah tempat tak dapat berfungsi dengan bagus karena tidak adanya akar tanaman yang kapabel meresap air hujan yang mengguyur secara lebat dan lain sebagainya. Oleh karena itu, usaha dalam menjaga kelestarian hutan sungguh-sungguh perlu sekali ditanamkan bagi segala masyarakat supaya tak merusak hutan untuk kepentingan pribadi atau malahan hal lainnya.

    pemanfaatan alam indonesia betul-betul gencar dalam mengerjakan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kelestarian hutan dengan mengurangi kesibukan penebangan hutan secara terus-menerus dan eksploitasi hutan yang tidak berkeprimanusiaan. Nah, berikut ini beberapa langkah sederhana yang bisa memberikan manfaat bagus bagi lingkungan terutamanya dalam menjaga kelestarian hutan antara lain yaitu melaksanakan penanaman kembali hutan yang telah gundul (reboisasi), memakai sistem tebang pilih dengan melalaikan unsur ekonomi sehingga hutan akan konsisten terjaga hijau nan asri, cara tebang tanam malah menjadi hal yang betul-betul penting dalam rangka melestarikan hutan seperti halnya melakukan reboisasi, penebangan dijalankan secara konservatif dengan memilih pohon-pohon yang tak lagi produktif sehingga tak akan memberikan hasil hutan yang baik.

    Pentingnya dalam menjaga kelestarian hutan sudah semestinya menjadi hal yang dilaksanakan oleh sebagian masyarakat untuk menghindari berjenis-jenis resiko bencana alam yang tidak diharapkan. Buang sampah secara sembarangan di lokasi hutan bahkan tak direkomendasikan bagi dinas kehutanan Indonesia pasalnya dari hal yang dianggap remeh maka akan memberikan resiko atau akibat yang berbahaya seperti membikin sepuntung rokok yang telah terbakar karenanya dapat menyebabkan kebakaran hutan yang benar-benar merugikan bagi hutan dan menjadikan hutan tak bisa berfungsi dengan baik. Semoga info ini bermanfaat.